Home » , , , » Hacker Serang Sistem Gedung Putih Washington

Hacker Serang Sistem Gedung Putih Washington

Written By Anonymous on 7 October 2012 | 10/07/2012 05:21:00 pm

Washington DC: Gedung Putih membenarkan sistem jaringan mereka menjadi sasaran aksi serangan cyber. Namun aksi itu hanya mampu mengenai sistem jaringan terbuka dan tidak masuk kategori rahasia.

Seorang pejabat Gedung Putih yang tidak bersedia disebutkan identitasnya mengatakan kepada media di Amerika Serikat, tidak ada indikasi yang menunjukan ada data milik Gedung Putih yang berhasil dicuri pelaku aksi serangan itu.

Sebelumnya situs yang dikelola kelompok konservatif AS, Washington Free Beacon, Ahad (30/09) mengatakan, serangan terhadap sistem jaringan komputer Gedung Putih dilakukan peretas atau hacker asal China.

Dalam aksinya menurut situs tersebut para peretas berhasil menembus sistem jaringan komputer kantor militer di Gedung Putih.

Namun sejauh ini pejabat Gedung Putih tidak mengatakan bahwa aksi serangan itu terkait dengan peretas dari China, mereka hanya menggambarkan serangan dilakukan dengan cara yang lazim disebut sebagai spear-phishing.

Spear-phishing merupakan bentuk umum peretasan di mana seorang peretas akan mengirim email ke suatu sasaran yang disertai tautan di dalamnya.

Biasanya jika penerima membuka tautan di dalam email maka perangkat lunak yang berada dalam tautan itu akan menyusup ke dalam sistem komputer penerima.

Pejabat Gedung Putih juga mengatakan, upaya serangan seperti ini kerap muncul dan mereka telah menerapkan upaya pemindahan data ketika serangaan seperti ini terjadi.

Pejabat Kementerian Pertahanan AS yang menangani urusan keamanan jaringan mengatakan, pemerintah negara itu belakangan mulai menkhawatirkan aksi serangan yang dilakukan sejumlah peretas asal China.

Aksi serangan itu kerap menyasar sistem jaringan komputer pada sejumlah kantor kementerian termasuk juga Pentagon.

Pemerintah AS bahkan mengatakan upaya serangan pada sistem jaringan Departemanan Pertahanan berlangsung secara terus menerus.

Pada tahun 2011 pengelola Google menuding hacker asal China melakukan aksi phishing yang menyasar ratusan pemilik akun gmail termasuk di antaranya yang menjadi korban adalah sejumlah pejabat pemerintahan AS dan anggota militer negara itu.

Tudingan terus berlanjut setelah pada November lalu seorang pejabat intelijen senior AS untuk pertama kalinya secara terbuka mengatakan China secara sistematis berupaya mencuri teknologi AS untuk kepentingannya.

Sumber Link Artikel http://www.metrotvnews.com/metromain/news/2012/10/02/108277/Hacker-Serang-Gedung-Putih
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Information Visitor:

Free counters!
 
Support : Google
Copyright © 2014. Blog Manado - All Rights Reserved
Design By Vanidlesky
Powered By Blogger